Minggu, 04 Januari 2015

Valuta asing

Definisi dan istilah valuta asing
   Mata uang asing atau valuta asing atau valas merujuk pada mata uang atau devisa yang dibuat atau dikeluarkan oleh negara lain yang dapat diterima di dalam negeri. Mata uang asing tidak merupakan alat pembayaran yang sah di dalam negeri, namun dapat digunakan untuk membiayai transaksi ekonomi dan keuangan internasional.Mata uang asing akan mempunyai arti yang sebenarnya jika mata uang tersebut dapat diperdagangkan tanpa pembatasan.

Simbol dan ISO code Valuta asing
   Penentuan notasi mata uang suatu negara didasarkan pada kesepakatan internasional melalui lembaga internasional yang disebut ISO dengan serifikat ISO 4217. Notasi ditulis dengan tiga huruf, dua huruf pertama menunjukan negara, satu terakhir adalah nama mata uangnya. Contohnya adalah USD, dua huruf pertamanya adalah US, menunjukan negara Amerika, United State.Notasi mata uangnya adalah D yaitu dollar.

Nama khas Valuta Asing
   Selain penamaan resmi yang ditetapkan oleh ISO Code, mata uang asing memiliki nama khusus yang populer dikalangan pelaku pasar valuta asing. Seperti mata uang Inggris, Poundsterling biasa disebut Cable, Dollar Australia biasa disebut Aussie, sedangkan Dollar Amerika biasa disebut Buck.

Pasangan valuta asing, Currency Pairs
  Penulisan terhadap dua mata uang yang ditransaksikan menjadi suatu pasangan merupakan konvensi untuk menjamin keseragaman antara pelaku di pasar valuta asing. Mata uang yang ditulis pertama disebut mata uang utama atau Base Currency, dan mata uang yang ditulis dibelakangnya disebut mata uang lawan atau Counter Currency. Pasangan mata uang dikelompokan menjadi Mayor, Cross, dan Minor. Pada artikel ini hanya membahas pasangan Mayor dan Cross.

  Pasangan Mayor merupakan pasangan mata uang antara Dollar Amerika dengan mata uang lainnya. Contohnya adalah pasangan GBP/USD menunjukkan dua mata uang yang saling dipertukarkan ketika melakukan transaksi di pasar valuta asing. Nasabah membeli Poundsterling Inggris dengan menyerahkan Dollar Amerika Sebagai Alat pembayarannya. Atau Nasabah menjual Dollar Amerika  dan menerima Poundsterling Inggris sebagai pertukarannya. Contoh pasagan lainnya adalah EUR/USD dan AUD/USD.

  Pasangan Cross merupakan pasangan satu valuta asing non Dollar Amerika dengan valuta asing non Dollar Amerika lainnya, atau pasangan yang tidak melibatkan Dollar Amerika. Contohnya  adalah pasangan GBP/JPY menunjukkan dua mata uang yang saling dipertukarkan ketika melakukan transaksi di pasar valuta asing. Ketika nasabah membeli Poundsterling Inggris, maka nasabah akan menyerahkan Yen Jepang sebagai alat pembayarannya. Sebaliknya ketika nasabah menjual Poundsterling Inggris, maka nasabah menerima Yen Jepang sebagai pertukarannya. Contoh pasangan lainnya adalah EUR/GBP dan GBP/CHF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar